Rabu, 01 Oktober 2014

Speedometer & Panel RPM Motor Suzuki Satria FU Kadang Hidup Kadang Mati



Sebenarnya kejadiannya sudah cukup lama, waktu itu ketika saya menyalakan motor Suzuki Satria FU saya, saya kaget kok speedometer-nya mati ?? jadi angka digital pada speedometer-nya tidak muncul, hanya lampunya saja yang menyala, begitu pun jarum pada panel RPM-nya. Hal tersebut tidak terjadi terus-menerus, artinya kadang angka digital pada speedometer-nya muncul seperti seharusnya, begitu pun jarum pada panel RPM-nya, hal tersebut sempat saya biarkan untuk beberapa hari sambil mengamati kira-kira apa penyebabnya.


Saya sempat menduga mungkin ada kabel yang kendor, namun dugaan tersebut menjadi lemah karena berdasarkan pengamatan saya, waktu hidup dan matinya speedometer motor saya tersebut tidak sinkron dengan waktu dimana motor saya kondisinya agak terguncang karena melindas jalanan yang jelek, logikanya kalau motor terguncang kan ada kemungkinan kabel yang kendor menjadi agak sedikit menyambung atau malah semakin mengendor. Hal lainnya yang saya amati adalah, kadang kalau saya nyalakan lampu sein, speedometer dan panel RPM yang sedang menyala suka tiba-tiba menjadi mati, namun selang beberapa saat hidup lagi, dan selang beberapa saat mati lagi, begitu seterusnya.

Waktu itu saya sempat ke bengkel resmi dan bertanya kepada salah seorang mekanik, dia bilang sih penyebabnya adalah aki-nya, namun karena di bengkel tersebit aki-nya tidak tersedia maka saya tidak bisa mengganti aki motor saya disitu. Waktu itu saya juga sempat browsing-browsing dan saya sempat mengecek sekering yang ada di sebelah aki, sekeringnya terlihat baik-baik saja saya lihat.

Dan akhirnya saya pun membeli aki baru, mereknya GS dan tipenya adalah GTZ7S, kalau tidak salah waktu itu saya membelinya dengan harga 250 ribu di toko aksesoris motor langganan saya di Jl. Pungkur, Bandung. Setelah diganti dengan aki baru speedometer dan panel RPM motor saya pun kembali normal, alhamdulillah.


12 komentar:

  1. Motor satria fu saya juga gtu

    BalasHapus
  2. Saya sedang mengalami gan,, trima kasih atas info nya

    BalasHapus
  3. Kalo motor sering nyendat nyendat apanya tuh ya mas..
    Apalagi kalo kehujanan pasti mogok

    BalasHapus
  4. Motor saya aki udah ganti baru, tapi tetep kadang panel rpm mati dan kadang hidup lagi kalo gas lagi gede gan.. mohon solusinya

    BalasHapus
  5. saya juga ngalamin begitu bang saya di rpm 3000 digital mati waktu gas trun di bwah rpm 3000 normal aki saya pakai gs gtz6v saya bru bli mtr fu seken 2 hri ternyata ini pr saya.. sudh saya cek klistrikan sikring aman tdk ad yg kndor, lalu apa saya hrus ganti aki s7 juga

    BalasHapus
  6. TQ om membantu sekali dengan keluhannya motor saya yg sekarang 😂

    BalasHapus
  7. Kalo udah ganti aki tetep aja gimana bos

    BalasHapus
  8. Motor ane sekarang persis sama kondisi agan :v aduh akinya toh

    BalasHapus
  9. Tal punya saya juga begitu min tapi punya mimin apa saat seperti itu tidak bisa buat starter?
    Kalau punya ku bisa tapi ya itu kadang mati kadang hidup speedometer sama rpm ya tolong min di tagepi

    BalasHapus
  10. Punya sata udh gabti aki sama aikring tetep ajh gitu

    BalasHapus
  11. wah sama gan saya juga ngalamin masalah kayak gitu..rencana nya mau ganti aki mtobatt aja

    BalasHapus