Selasa, 05 November 2013

Cara Kerja Sistem Pendingin Air (Water Cooling) Pada Komputer PC



Biasanya sebuah komputer PC itu menggunakan HSF (Heat Sink & Fan) untuk mendinginkan CPU nya, nah di artikel ini saya ingin mengenalkan sistem pendingin komputer lainnya yaitu sistem pendingin air atau water cooling system. Sistem pendingin air ini memiliki kelebihan tapi juga kekurangan, kelebihannya yang pertama sistem pendingin air lebih efektif dalam mendinginkan CPU karena air adalah penghantar panas yang lebih baik dibandingkan udara, kelebihan yang kedua karena tidak menggunakan fan (fan yang dipakai hanya untuk mendinginkan bagian radiator-nya saja yang menempel di casing komputer) maka tingkat kebisingan komputer pada saat dioperasikan pun menjadi lebih rendah. Sedangkan kekurangannya menurut saya yang pertama ada di sisi harga, harganya lebih mahal kalau dibandingkan HSF (sistem pendingin udara) biasa, dan kekurangan yang kedua, kalau water cooler-nya bocor maka cairan di dalamnya bisa merembes keluar dan merusak komponen yang terkena cairan tersebut karena terjadi konslet.

Sistem pendingin air untuk komputer PC itu terdiri dari beberapa komponen sebagai berikut:

  • Plat atau blok logam yang menempel di bagian atas permukaan CPU, jadi air nya tidak secara langsung menyentuh permukaan bagian atas CPU melainkan mengalir di dalam blok logam yang permukaannya ditempelkan ke bagian atas CPU.
  • Pompa, berfungsi untuk mengalirkan air panas yang ada di blok logam menuju radiator untuk didinginkan.
  • Selang, sebagai jalur untuk mengalirkan air dari blok logam ke radiator atau sebaliknya.
  • Radiator, untuk mendinginkan air panas.
  • Fan, untuk mendinginkan radiator.
  • Cairan pendingin, cairan yang digunakan bisa berupa air atau cairan lainnya seperti nitrogen cair.

Cara Kerja Sistem Pendingin Air Pada Komputer PC

Cara kerja sistem pendingin air-nya adalah yang pertama air di dalam blok logam akan menyerap panas yang dihasilkan oleh CPU, lalu pompa akan mengalirkan air tersebut menuju radiator melalui selang, lalu radiator akan mendinginkan air panas tersebut yang dibantu oleh hembusan angin yang dihasilkan oleh fan yang menempel pada casing. Untuk lebih jelasnya mengenai cara kerja sistem pendingin air pada komputer PC, silahkan lihat video di bawah ini:


5 komentar:

  1. nice info. dan contoh video nya simpel bagus banget

    BalasHapus
  2. kepengen beli tapi................ no money

    BalasHapus
  3. lagi coba bikin nih gan pake barang bekas akuarium sama platnya ane bikin dari heatsink lga 775 yg di bor, sistem ane mau dipake di amd pendingin utama pake peltier, suhu terdingin udah ane cek -20drjt celcius untuk penampungan/reservoir ane bikin dari resin dengan harga total +-200 ribu, dibanding beli harga bisa sampe jutaan dan hasilnya tidak maksimum karena pendingin pake radiator biasanya hanya bisa menurunkan maksimal 5-10drjt celcius

    BalasHapus