Senin, 24 Juni 2013

Cara Melepas Keyboard Laptop Toshiba Satellite M45-S2692



Hari Minggu kemarin saya membongkar lagi sebuah laptop, kali ini yang saya bongkar adalah keyboard laptop Toshiba Satellite M45-S2692. Beberapa tombol di bagian sebelah kanan keyboard laptop tersebut tidak berfungsi, jadi saya lepas saja keyboardnya untuk mengeceknya. Nah yang ingin saya share di artikel ini adalah bagaimana caranya melepas keyboard pada laptop Toshiba tersebut, caranya adalah, pertama, dengan menggunakan bantuan sebuah kartu plastik bekas SIM card saya congkel sisi sebelah kanan atas laptopnya hingga terbuka seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:


Setelah sisi kanannya terbuka, laptopnya kemudian saya rebahkan lalu posisi monitornya juga saya rebahkan hingga mentok ke bawah, lalu dengan hati-hati saya buka penutup keyboard bagian atas dari arah kanan ke kiri seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:


Setelah terlepas penutup keyboardnya, langkah selanjutnya adalah melepas 2 buah sekrup yang mengunci keyboardnya, posisi sekrupnya saya tunjukkan pada gambar di bawah ini:


Setelah kedua sekrupnya dilepas, kini keyboardnya bisa diangkat dan kabel konektornya bisa kita lepas, sebelum melepas konektornya hal pertama yang saya lakukan adalah memutus label pelindung garansi yang menempel pada kabel konektor dan konektornya, setelah itu saya mulai melepas kabel konektornya, cara melepas kabel konektornya saya tunjukkan pada gambar di bawah ini. Menggunakan obeng minus kecil geser bagian yang berwarna coklat (ditunjukkan oleh panah berwarna merah) dengan arah geser sesuai dengan arah yang saya tunjukkan dengan tanda panah berwarna kuning. Setelah anda geser kedua bagian pengunci kabel tersebut (kanan dan kiri), sekarang kabelnya bisa anda lepas dengan cara ditarik (pegang sisi kanan dan kiri kabel menggunakan kedua tangan, lalu tarik pelan-pelan).


2 komentar: