Jumat, 21 Maret 2014

Tap Balik / Screw Extractor, Alat Untuk Melepas Baut Patah



Saya mengenal alat yang namanya tap balik atau screw extractor ini setelah saya mendapatkan musibah pada hari Sabtu minggu yang lalu tepatnya pada tanggal 15 Maret 2014, musibahnya adalah patahnya salah satu baut pada saat saya terlalu bernafsu mengencangkan penutup filter saringan oli di motor Satria FU saya, dan baut tersebut nyangkut di blok mesin. Setelah mendapatkan musibah tersebut saya pun kemudian browsing di internet untuk mencari solusinya, saya sempat membaca beberapa artikel dan melihat beberapa video yang memperlihatkan bagaimana cara kerja screw extractor tersebut.

Jadi screw extractor ini bentuknya seperti baut tapi tidak ada kepala bautnya, ujungnya meruncing dan putaran ulirnya itu terbalik, jadi kalau pada baut biasa untuk mengencangkan bautnya caranya kita memutarnya ke arah kanan (searah jarum jam), nah kalau pada screw extractor ini untuk mengencangkannya caranya kita putar ke kiri (melawan arah jarum jam).

Cara menggunakan screw extractor ini pertama baut yang patahnya anda bor menggunakan mata bor yang diameternya kurang lebih setengah dari diameter baut yang patah (usahakan sebisa mungkin anda membor bautnya persis ditengah), setelah dirasa cukup dalam (jangan sampai menembus baut) langkah selanjutnya anda masukkan screw extractor-nya yang ukurannya sesuai lalu sedikit dipukul-pukul menggunakan palu supaya agak "menggigit", setelah itu anda pasangkan stang-nya lalu anda putar ke kiri.

Berikut ini adalah foto screw extractor dan stang-nya yang saya beli:


3 komentar: