Rabu, 15 Mei 2013

Perbedaan Memory DDR, DDR2 & DDR3 Secara Fisik



Masih tentang memory komputer, setelah pada artikel sebelumnya saya membahas tentang perbedaan fisik modul memory DIMM dan SO-DIMM, di artikel ini saya akan membahas tentang perbedaan fisik antara memory DDR, DDR2 dan DDR3. Mengetahui jenis memory DDR apa yang didukung oleh motherboard komputer anda sebelum anda pergi ke toko dan membeli memory nya itu sangat penting, karena tidak seperti SATA pada harddisk yang bisa mendukung versi di atasnya dan di bawahnya, pada memory jika anda salah membeli jenis memory nya maka memory tersebut tidak bisa anda pasang ke slot memory yang ada di motherboard anda, kenapa ? karena bentuk fisiknya saja sudah berbeda, seperti yang bisa anda lihat pada contoh perbandingan bentuk fisik memory DDR, DDR2 dan DDR3 jenis DIMM pada gambar di bawah ini yang saya ambil dari halaman situs Wikipedia:


Perhatikan celah yang ada di antara deretan pin pada ketiga jenis memory DDR di atas, posisinya berbeda bukan ? nah celah tersebut fungsinya untuk mencegah anda memasukkan memory yang salah ke slot memory di motherboard anda karena pada slot memory di motherboard itu ada tonjolan yang akan pas dengan celah yang terdapat di keping memory nya jika anda membeli jenis memory yang benar.

Dulu saya pernah punya pengalaman membeli jenis memory yang salah, kalau tidak salah ingat dulu itu saya membeli memory DDR2 tapi ternyata setelah sampai di kantor kok tidak bisa dipasang, ternyata jenis memory yang didukung oleh motherboard saya adalah DDR atau DDR1, untung saja barangnya masih bisa ditukar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar