Jumat, 30 November 2012

Cara Merancang Komputer Sesuai Kebutuhan



Komputer rakitan Sebelum anda pergi ke toko komputer untuk membeli komponen komputer untuk anda rakit, ada baiknya anda merancang terlebih dahulu spesifikasi komputer seperti apa yang ingin anda rakit supaya tidak terjadi pemborosan (spesifikasi komputernya terlalu tinggi untuk kebutuhan anda) atau sebaliknya yaitu spesifikasi komputer yang anda rakit ternyata terlalu rendah dan tidak bisa memenuhi kebutuhan anda. Untuk itu hal pertama yang harus anda lakukan dalam merancang sebuah komputer rakitan adalah menentukan kira-kira kegiatan apa saja yang akan anda lakukan di komputer yang akan anda rakit nantinya, apakah hanya untuk keperluan office saja (word, excel, power point, browsing, dsb), atau kegiatan lainnya seperti desain grafis dan memainkan game.

Kalau komputernya hanya akan anda gunakan untuk keperluan office saja maka spesifikasi komputernya saya rasa akan mampu terpenuhi dengan processor sekelas Intel Pentium G620 dengan RAM 2GB dan monitor 15 – 19 inci, kalau untuk desain grafis rekomendasi saya processor-nya sebaiknya gunakan yang sekelas Intel Pentium G620 ke atas, dengan RAM minimal 4GB dan monitor ukuran 19 inci ke atas. Processor Intel Pentium G620 sudah memiliki VGA di dalamnya jadi anda tidak perlu VGA tambahan kalau hanya untuk melakukan kegiatan office dan desain grafis seperti menggunakan Adobe Photoshop dan CorelDRAW.

Processor Intel G620 menancap di motherboard ASRock

Nah kalau untuk gaming maka spesifikasi komputernya harus tinggi terutama VGA, walaupun processor sekelas Intel Pentium G620 juga bisa anda gunakan untuk memainkan game tapi sebaiknya anda pilih processor sekelas i3-3220 ke atas, RAM minimal 4GB, ukuran monitor tergantung selera dan budget anda tapi akan lebih nyaman kalau menggunakan monitor yang mendukung resolusi Full HD yaitu 1920 x 1080 pixel, ingat.. semakin tinggi resolusi dan settingan game yang anda gunakan ketika memainkan sebuah game maka semakin tinggi pula tuntutan kinerja komputernya (spesifikasi komputernya). Untuk VGA card jika budget anda berada di kisaran 1,3 jutaan rekomendasi saya anda bisa memilih VGA card AMD Radeon HD 7770, tapi jika budget anda berada di kisaran 2,3 jutaan maka rekomendasi saya anda bisa memilih VGA card AMD Radeon HD 7850.

Jika anda memiliki budget yang pas-pasan tapi menginginkan sebuah komputer gaming maka saran saya sebaiknya anda merakit sebuah komputer berbasis processor AMD A10-5800K Trinity, processor ini sudah ada VGA card di dalamnya dan dari artikel-artikel yang saya baca dan video-video demo yang saya lihat, VGA card yang ada di dalam processor ini yaitu AMD Radeon HD 7660D ternyata cukup mumpuni untuk memainkan game-game dengan settingan medium dan sanggup mengalahkan processor sekelas Intel i5-3550 yang harganya jauh lebih mahal. Harga processor AMD A10-5800K Trinity ini saya lihat dibandrol seharga $129.99 di Newegg per tanggal 30 November 2012.

Untuk spesifikasi harddisk, komputer office dan grafis saya rasa akan cukup dengan harddisk berkapasitas 250GB, tapi perlu anda perhatikan juga bahwa perbedaan harga antara harddisk 250GB dan 500GB itu hanya terpaut sekitar 50 ribuan saja, jadi saya rasa alangkah sayangnya kalau tidak membeli yang 500GB saja sekalian toh beda harganyanya juga sedikit. Kalau untuk komputer gaming saya sarankan anda sebaiknya pilih yang kapasitasnya 1TB karena game-game jaman sekarang itu file instalasinya besar-besar, perbedaan harga antara harddisk 500GB dan 1TB saya lihat terpaut sekitar 175 ribuan.

Sekarang untuk spesifikasi power supply, komputer office dan desain grafis yang menggunakan VGA card yang ada di dalam processor Intel Pentium G620 berdasarkan pengalaman saya sendiri (karena saya menggunakan procesor tersebut) tidak memerlukan power supply dengan daya yang begitu besar, saya menggunakan power supply yang ada di dalam casing PowerLogic Azzura M1000, daya murni yang dihasilkannya adalah sebesar 230W saja dan selama ini rasanya ok-ok saja tidak ada masalah. Lain halnya untuk komputer gaming yang menggunakan VGA tambahan, anda harus membeli power supply dengan daya yang direkomendasikan oleh produsen pembuat VGA-nya, informasi tersebut bisa anda dapatkan di situs resmi pembuat VGA-nya, sebagai contoh di artikel ini AMD merekomendasikan power supply 500W untuk single card HD 7770 dan 600W untuk crossfire.

Demikianlah cara merancang komputer sesuai dengan kebutuhan, semoga bermanfaat. O ya.. semua spesifikasi yang saya rekomendasikan di atas saya tulis berdasarkan ketersediaan komponen komputer per tanggal 30 November 2012, karena seperti kita ketahui bersama bahwa teknologi itu cepat sekali berkembangnya, jadi jika anda membaca artikel ini waktunya sudah berbulan-bulan atau bertahun-tahun dari tanggal 30 November 2012 maka bisa jadi pada saat anda membaca artikel ini sudah banyak bermunculan komponen-komponen generasi terbaru yang performanya lebih bagus dengan harga yang kurang lebih sama. Jika demikian adanya maka saran saya rajin-rajin lah membaca artikel-artikel review hardware komputer dan rajin-rajin lah berdiskusi di forum-forum hardware komputer untuk meminta pendapat mereka tentang spesifikasi komputer yang ingin anda rancang.


1 komentar: