Kamis, 29 November 2012

Cara Membersihkan Komputer Dari Debu



Kondisi komputer yang berdebu Hari Rabu kemarin saya membongkar casing komputer saya untuk membersihkannya dari debu, nah di artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya mengenai hal tersebut, siapa tahu bermanfaat bagi anda. Tool yang saya gunakan untuk membersihkan komputer hanyalah sebuah kuas yang biasa dipakai untuk mengecat, kuasnya ukuran sedang dan kuasnya memang saya gunakan khusus untuk membersihkan komputer saya bukan untuk mengecat tembok. Selain kuas perlengkapan lainnya yang saya gunakan adalah sebuah lap, sebotol cairan pembersih khusus untuk perlengkapan elektronik, dan sebuah masker untuk melindungi masuknya debu ke sistem pernafasan saya. Berikut ini langkah demi langkah bagaimana saya membersihkan komputer saya dari debu:

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencabut semua kabel yang menancap ke sumber listrik, kemudian melepaskan semua kabel-kabel yang menancap ke komputer saya, setelah itu saya buka tutup casingnya baik bagian kanan maupun kiri, lalu melepaskan semua komponennya. Dimulai dari melepaskan harddisk, kipas/fan yang menempel di casing, RAM, kabel-kabel yang menempel ke motherboard baik dari power supply maupun casing, melepas motherboard, melepas power supply dan yang terakhir saya lakukan adalah melepas DVD-RW saya.

Melepas harddisk dari casing

Setelah semua komponen terlepas, hal selanjutnya yang saya lakukan adalah memakai masker lalu membersihkan semua komponen-komponen tersebut menggunakan kuas, saya melakukan kegiatan ini di luar rumah tentunya.

Membersihkan motherboard menggunakan kuas

Setelah semua komponen bersih dari debu, hal selanjutnya yang saya lakukan adalah membersihkan casing, setelah casing-nya bersih dari debu, saya lalu menyemprotkan cairan pembersih khusus elektronik ke lap yang telah saya siapkan, kemudian saya usapkan ke bagian dalam casing yang bisa dijangkau dan bagian luar casing sampai terlihat bersih dan mengkilat, ingat ya.. saya hanya mengusapkannya ke casing tidak ke komponen-komponen komputer yang telah saya lepas tadi seperti motherboard, harddisk dan lain sebagainya.

Cairan pembersih untuk peralatan elektronik

Melap casing

Selanjutnya saya pun merakit kembali komponen-komponennya mulai dari memasang RAM ke motherboard, memasang power supply ke casing, menancapkan kabel-kabel casing ke motherboard seperti kabel USB, audio, LED, power dan reset sampai kabel-kabel power dari power supply, kemudian memasangkan kembali motherboard tersebut ke dalam casing, lalu memasangkan komponen-komponen lainnya seperti harddisk, DVD-RW dan kipas/fan. Dan berikut ini hasilnya setelah saya bersihkan dan selesai saya rakit kembali, lumayan kinclong kan ? :D

Kondisi komputer setelah dibersihkan dari debu


6 komentar:

  1. gan ane pernah denger katanya komputer bisa dibersihin pake aer ya gan..?? terus di biarin sampe kering atau di hairdryer baru di pake lagi. itu apa bener gan..? bahaya nggak ya..?

    BalasHapus
  2. ngelepasin casing komputernya gmn gan, ga bs ane, masih takut"

    BalasHapus
  3. @eri : itu bener gan, tapi cuma main boardnya doang..
    dan bukan cuma pake aer doang, pake deterjen sekalian juga bisa. asal sebelum di nyalain harus bener benr kering.

    BalasHapus
  4. gan kalau melepaskan kabel PSU yang besar yang ada di motherboard tuh gmna gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ada kait penguncinya gan, teken aja bagian atas pengaitnya biar gak ngunci trus tarik

      Hapus
  5. nyambung kabel yang kecil kecil yg satu satu yang kemobo gimana gan,ada urutanya atau asal saja gan

    BalasHapus