Selasa, 27 November 2012

Tips Memilih & Membeli Casing Komputer



Isi casing komputer Casing komputer adalah salah satu komponen komputer yang menurut pengalaman saya pribadi adalah yang paling jarang diganti, jika anda membeli casing komputer yang dijual sepaket bersama power supply maka suatu saat nanti setelah lama digunakan paling yang rusak dan perlu diganti itu adalah power supply-nya, sama kipasnya (fan) biasanya yang suka rusak (sering mengeluarkan suara berisik atau mati), kalau casing-nya sih biasanya masih bagus-bagus saja cuma penampilannya saja yang tidak semulus ketika anda beli. Oleh karena itu perlu diperhatikan beberapa hal ketika memilih sebuah casing komputer agar bisa digunakan hingga waktu yang sangat lama, berikut saya berikan beberapa tipsnya:

Desain Casing

Pilihlah casing komputer dengan desain yang kira-kira tidak akan terasa bosan dilihat walaupun sudah anda gunakan selama bertahun-tahun. Menurut saya pribadi sesuatu yang memiliki desain minimalis tak akan pernah bosan dilihat walaupun sudah lama digunakan.

Daya Dukung Terhadap Ukuran Komponen & Fitur Yang Dimiliki

Pilihlah casing komputer dengan ukuran yang kira-kira bisa memenuhi kebutuhan anda jika suatu saat anda ingin meng-upgrade komputer anda seperti daya dukung terhadap ukuran motherboard yang lebih besar, ukuran VGA card yang lebih panjang dan front panel yang memiliki port-port generasi terbaru seperti port USB 3.0.

Kualitas Power Supply

Jika casing komputer yang anda beli dijual sepaket dengan power supply maka pastikan power supply yang ada di dalam casing tersebut mampu mensuplai daya yang dibutuhkan oleh komponen komputer anda. Tanyakan kepada penjualnya berapa besar daya murni (pure power) yang bisa dihasilkan oleh power supply tersebut. Sebagai contoh, casing yang saya gunakan saat ini adalah PowerLogic Azzura M1000, power supply yang terdapat didalamnya walaupun rating power-nya adalah 450W tapi pure power-nya hanya sebesar 230W saja, oleh karenanya saya hanya berani menggunakan power supply-nya hanya dengan spesifikasi komputer; VGA onboard, processor dual-core (TDP 65W), 1 harddisk dan 1 DVD-ROM, kalau lebih dari itu saya harus membeli power supply baru dengan suplai daya pure power yang lebih besar. Konsultasikan saja masalah ini dengan penjualnya atau orang terdekat anda yang mengerti masalah rakit-merakit komputer.

Kualitas Sistem Pendingin

Kualitas sistem pendingin adalah salah satu hal penting yang harus anda perhatikan dari sebuah casing komputer, perhatikan apakah casingnya memiliki ukuran cukup lapang di bagian dalamnya dan apakah anda bisa mengatur kabel-kabelnya sedemikian rupa sehingga aliran udara (air flow) di dalam casing bisa berjalan dengan lancar. Semakin banyak fan yang terpasang semakin baik, tapi konsekuensi dari itu suara yang akan dihasilkan akan semakin berisik.

Material, Ukuran & Berat Casing

Perhatikan apakah casing yang ingin anda beli terbuat dari bahan yang cukup kokoh dan bagaimana finishing-nya, rapi atau tidak. Jika anda adalah seorang anak kos atau tinggal di rumah kontrakan yang sering berpindah-pindah tempat tinggal, mungkin casing komputer yang memiliki ukuran kecil dan berat yang ringan lebih cocok untuk anda. Casing komputer jenis mini-tower bisa mendukung motherboard Micro-ITX, casing ini cukup kecil dan beratnya cukup ringan. Tapi sebelum memutuskan membeli casing komputer jenis ini pastikan semua komponen yang anda beli bisa masuk ke dalamnya dan pertimbangkan juga poin Daya Dukung Terhadap Ukuran Komponen & Fitur Yang Dimiliki yang telah saya tulis di atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar