Rabu, 01 Mei 2013

Upgrade CPU Dari Intel Pentium G620 Ke G2120, Tepatkah ?



Saya sebenarnya tidak berencana meng-upgrade komputer saya dalam waktu dekat ini karena performa spesifikasi komputer saat ini pun sudah sangat menunjang aktifitas saya sehari-hari, tapi tadi saya sempat browsing-browsing beberapa model CPU, jadi saya sharing saja apa yang saya temukan. Dari beberapa model CPU yang saya lihat tadi, sepertinya jika suatu saat saya meng-upgrade CPU saya, sepertinya pilihan saya akan jatuh ke Intel Pentium G2120, kenapa ? kalau dibandingkan spesifikasinya dengan CPU yang saya gunakan saat ini yaitu Intel Pentium G620, Intel Pentium G2120 ini clockspeed-nya lebih tinggi 0.5GHz, Max TDP-nya lebih rendah 10 W (lebih hemat energi) dan mendukung kecepatan RAM 1600 MHz, kebetulan RAM yang saya gunakan saat ini adalah Corsair Vengeance CML8GX3M2A1600C9, RAM saya tersebut mendukung kecepatan 1600 MHz, tapi saat ini hanya beroperasi pada kecepatan 1067 MHz saja (dilihat di Linux Mint 14 menggunakan perintah sudo dmidecode --type 17) karena CPU Intel Pentium G620 saya hanya mendukung kecepatan RAM 1066 MHz.

Dari sisi harga pun CPU Intel Pentium G2120 ini cukup bersahabat, saya lihat CPU ini dibandrol dengan harga Rp. 710.000,- di salah satu toko komputer online lokal per tanggal 1 Mei 2013. Kalau tidak salah dulu saya membeli CPU Intel Pentium G620 yang saya gunakan saat ini dengan harga sekitar 500 ribuan, kalau saja CPU ini bisa saya jual dengan harga 375 - 400 ribuan maka sepertinya upgrade ke Intel Pentium G2120 adalah pilihan yang cukup tepat.

Motherboard yang saya gunakan adalah ASRock H61M-HVS, CPU Intel Pentium G2120 tersebut ada di daftar CPU yang didukung oleh motherboard tersebut, anda bisa melihat daftar lengkapnya disini.

Skor PassMark untuk CPU Intel Pentium G620 adalah 2254, sedangkan skor untuk Intel Pentium G2120 adalah 2988.

Upgrade ke CPU Ivy Bridge i3, i5 atau i7 memang akan memberikan efek yang lebih terasa, tapi seperti yang telah saya tulis sebelumnya, spesifikasi komputer saya saat ini sudah sangat menunjang aktifitas saya, adapun kenapa saya memilih Intel Pentium G2120 jika suatu saat saya meng-upgrade CPU saya adalah lebih karena faktor CPU Intel Pentium G2120 ini lebih hemat energi dan saya bisa memaksimalkan kecepatan RAM saya.

Saat ini saya sudah sangat jarang memainkan game, saya menggunakan komputer saya biasanya untuk browsing, blogging, tes berbagai macam sistem operasi di VirtualBox, programming web menggunakan Netbeans, pokoknya hal-hal seperti itulah, dan performa CPU Intel Pentium G620 saya ini + RAM 8GB sudah sangat menunjang sekali, jadi tidak perlu i3, i5 atau i7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar