Minggu, 23 Juni 2013

Cara Melepas Frame Monitor Laptop Compaq CQ20-213TU



Alasan saya kemarin membongkar laptop Compaq CQ20-213TU saya adalah karena layarnya tidak mau menyala, kebetulan laptopnya saya bawa dari Balikpapan dan dalam perjalanan saya masukkan laptopnya di dalam tas yang dipenuhi oleh barang bawaan, dugaan saya waktu itu mungkin layarnya mati karena laptopnya terhimpit kuat oleh barang-barang, jadi saya bongkar saja laptopnya siapa tahu ada kabel yang longgar. Nah di artikel ini akan saya share dengan anda bagaimana caranya melepas frame monitor laptop Compaq CQ20-213TU, caranya adalah pertama anda lepaskan 4 bagian yang masing-masing menutupi sebuah sekrup di dalamnya seperti yang saya tunjukkan oleh tanda panah pada gambar berikut, waktu itu saya menggunakan sebuah obeng minus kecil untuk mencongkel dan melepas ke 4 bagian tersebut.


Setelah terlepas maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini, langkah selanjutnya adalah melepas keempat sekrup seperti yang saya tunjukkan oleh panah berwarna merah pada gambar di bawah ini, setelah anda lepas semua sekrupnya barulah anda bisa melepas frame monitornya. Tips dalam membuka frame monitor setelah sekrupnya terlepas, mulai lah membuka frame-nya dari sisi dalam frame seperti yang ditunjukkan oleh panah warna kuning pada gambar di bawah ini, karena berdasarkan pengalaman saya sisi bagian dalam frame tersebut lebih mudah saya congkel menggunakan jari-jari tangan saya dibandingkan sisi luar frame.


Sebagai informasi, walaupun monitornya telah saya bongkar dan pasang kembali, tapi pada saya hidupkan laptopnya (dengan power dari adaptor, baterai tidak dipasang) tetap saja layarnya tidak mau menyala, namun anehnya setelah saya pasangkan baterainya lalu saya sambungkan adaptornya lalu saya tekan tombol power, monitornya kini bisa menyala! lalu saya coba lagi kali ini saya lepas baterainya lalu saya sambungkan adaptornya dan kembali saya tekan tombol power, dan monitor pun tetap bisa menyala! aneh.. mungkin ini adalah keajaiban doa saya yang dikabulkan Allah :)

1 komentar: