Selasa, 18 Juni 2013

RAM PC 12800 Bisa Jalan Di Netbook PC 10600



Hari Minggu kemarin saya membongkar netbook Acer Aspire One D255 milik keponakan saya dengan maksud akan meng-upgrade RAM-nya. RAM SO-DIMM yang ter-install di netbook tersebut adalah RAM Kingston DDR3 PC 10600 1GB, dan rencananya saya akan meng-upgrade-nya menjadi 2GB. Setelah mengunjungi sebuah mal di kota Balikpapan, saya hanya menemukan RAM DDR3 PC 10600 merek Transcend yang dijual di 2 toko berbeda, tapi karena harganya saya anggap terlalu mahal akhirnya saya urungkan membelinya. Sebenarnya ada 1 lagi sih RAM yang saya temukan dijual di mal tersebut, mereknya V-GEN, tapi karena si mbak nya tidak tahu harganya dan harus menanyakannya dulu, saya urungkan saja niat membeli RAM-nya di toko tersebut.

Setelah keliling kota Balikpapan cukup lama, saya akhirnya menemukan ada sebuah toko yang menjual RAM DDR3 2GB dengan harga yang cukup murah yaitu merek Visipro harganya Rp. 225.000,- tapi RAM tersebut PC nya adalah PC 12800, saya agak ragu waktu itu apakah netbook nya men-support RAM tersebut atau tidak, setelah keliling-keliling lagi dan tidak menemukan toko lain yang menjual RAM DDR3 PC 10600 2GB, akhirnya saya pulang dulu ke rumah kakak saya untuk browsing dan akhirnya membaca artikel ini, menurut artikel tersebut memory / RAM itu didesain agar backward-compatible, asalkan jenisnya sama (DDR / DDR2 / DDR3) tidak masalah kok kita meng-install RAM yang lebih cepat ke sebuah sistem komputer yang mendukung kecepatan RAM yang lebih lambat, jadi RAM yang lebih cepat tersebut nantinya akan berjalan di kecepatan yang didukung oleh sistem komputernya. Saya sebenarnya tahu hal tersebut, tapi waktu itu saya agak ragu karena yang akan saya upgrade adalah netbook.

Setelah membaca artikel tersebut saya pun menjadi lebih yakin, saya kunjungi lagi toko yang menjual RAM Visipro tersebut lalu saya beli RAM nya, setibanya di rumah saya pun langsung pasang RAM-nya dan setelah itu saya tes netbook-nya, dan ya.. netbook-nya ternyata bisa menyala.

6 komentar:

  1. bro kalo pasang RAM 10600 dan 12800 sekaligus ke notebook jalan gak?

    BalasHapus
  2. Ane juga punya masalah yg sama nih..
    Tapi ganti ram,soalnya rusak ramnya 4gb ddr3 pc-10600 merk v-gen..
    Nyari2 yg sejenis ternyata gx ada..
    Tapi adanya yg 4gb ddr3 pc-12800 merk team elite..
    Pengen di coba bisa gx ya,bang?

    BalasHapus
  3. Maaf gan, mau numpang tanya di artikel lawas agan... sampe sekarang masih dipake kah laptopnya? kalo masih, apakah sampai saat ini masih noprob?
    trims before

    BalasHapus
  4. Iya mas, pada pc saya juga seperti itu, saya gabungkan pc12800 dengan pc10600, sayangnya speed ram pc12800 hanya terbaca 1333mhz, karena mainboard saya max speed ramnya hanya 1333mhz alias pc10600,

    BalasHapus
  5. Sip, intinya RAM PC 12800 isa dipasang ke RAM PC 10600

    Berarti kalau sebaliknya pun ngga apa kan gan? Tapi jadi lebih lambat konsekuensinya.

    BalasHapus