Selasa, 18 Juni 2013

Cara Membongkar Netbook Acer Aspire One D255 Untuk Upgrade RAM



Meng-upgrade RAM di netbook Acer Aspire One D255 jauh lebih ribet jika dibandingkan dengan netbook ASUS 1015PEM, kalau di netbook ASUS slot RAM-nya bisa dengan mudah kita akses dengan cara membuka penutupnya di bagian bawah netbook yang hanya dikunci oleh sebuah sekrup, nah kalau di Acer Aspire One D255 kita harus membuka keyboard-nya dulu, lalu setelah terbuka nanti dari situ kita bisa melepaskan 4 buah sekrup pengunci pintu penutup bagian bawah netbook, lalu melalui sebuah lubang kita dorong penutup bagian bawahnya agar terlepas, nah baru setelah itu kita bisa melihat slot RAM-nya.
Proses yang saya rasakan paling susah sih terjadi pada tahap membuka keyboard, disitu ada 5 kunci pengait yang harus saya dorong masuk lalu dengan hati-hati saya congkel keyboardnya agar terlepas, bagian yang saya rasakan paling susah dilepas adalah bagian sebelah kiri atas keyboard dekat tombol ESC, kunci pengait di dekat tombol ESC tersebut sepertinya tidak bisa saya dorong dan keyboard nya tidak bisa saya congkel.

Jadi hal pertama yang saya lakukan adalah mendorong masuk satu persatu 3 kunci pengait di bagian tengah atas keyboard sambil saya congkel dengan hati-hati keyboard-nya agar terlepas, lalu celah keyboard yang terlepas saya tahan menggunakan kartu bekas SIM Card, selanjutnya saya lepaskan kunci pengait di sebelah kanan atas keyboard, baru setelah itu dengan ekstra hati-hati saya coba lepaskan bagian kiri atas keyboard yang dekat tombol ESC, waktu itu cara saya melepasnya adalah saya angkat bagian keyboard yang terlepas sambil saya dorong ke belakang seperti yang bisa anda lihat contohnya pada video tutorial yang saya temukan di YouTube berikut ini, video tutorial inilah yang menjadi panduan saya waktu itu ketika membongkar netbook Acer Aspire One D255.


1 komentar: