Sabtu, 05 Januari 2013

Cara Mengganti Kipas Pada Casing Komputer



Mencabut kabel power kipas lama Pada hari Kamis 2 hari yang lalu saya mengganti kipas bawaan casing PowerLogic Azzura M1000 saya dengan kipas Cooler Master BC 80, kipas yang saya beli ini desainnya transparan dan memiliki 4 buah lampu LED warna merah. Di artikel ini akan saya bagi dengan anda bagaimana cara saya mengganti kipas yang menempel pada casing komputer tersebut dengan kipas baru. Caranya yang pertama saya matikan komputer saya lalu saya cabut kabel stabilizer yang menempel ke terminal listrik, kabel stabilizer ini merupakan satu-satunya kabel yang menghubungkan komputer saya dengan sumber listrik karena kabel monitor pun saya colokkan ke stabilizer. Setelah itu saya buka tutup casing komputer saya lalu saya lepaskan kabel power kipas lama seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas. Selanjutnya yang saya lakukan adalah melepaskan 4 buah baut yang menempelkan kipas lama tersebut dengan casing komputer saya, setelah itu saya siapkan kipas baru lalu saya perhatikan petunjuk arah aliran udaranya (air flow) yang ditunjukkan dengan tanda panah seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, saya posisikan kipas baru tersebut sebagai kipas intake artinya dia bertugas menyedot udara segar dari luar ke dalam casing komputer, jadi saya tempelkan kipasnya ke casing komputer saya dengan tanda panah menunjuk ke dalam casing.

Petunjuk arah aliran udara pada kipas Cooler Master BC 80

Setelah mengencangkan 4 buah baut yang menempelkan kipas baru dengan casing, saya pun kemudian mencolokkan kabel konektornya, kipas Cooler Master BC 80 yang saya beli ini menggunakan kabel power 3-pin, motherboard saya memiliki 2 buah konektor untuk kipas (selain konektor untuk kipas CPU / processor), yang 1 konektor kipas 3-pin (Power Fan) dan yang satu lagi konektor kipas 4-pin (Chasis Fan). Karena kabel power kipas baru konektornya 3-pin maka saya colokkan kabel tersebut ke konektor 3-pin (Power Fan), itu artinya kipas ini akan berputar dengan kecepatan maksimalnya alias tidak bisa kita atur kecepatannya menggunakan program tuning.

Mencolokkan kabel power 3-pin kipas Cooler Master BC 80

Selanjutnya saya colokkan kabel stabilizer saya ke terminal listrik lalu saya nyalakan komputer saya untuk melihat apakah kipasnya menyala. Dan berikut ini adalah foto penampakan komputer saya dengan kipas baru yang mengeluarkan cahaya warna merah, kalau sudah begini saya jadi malas memasang tutup casing-nya :D akan saya biarkan terbuka saja sampai saya merasa bosan melihat cahaya merahnya itu :D

Foto komputer saya setelah dipasangi kipas Cooler Master BC 80 LED warna merah


3 komentar: