Minggu, 06 Januari 2013

Review Cooler Master BC 80



Kipas Cooler Master BC 80 masih di dalam kemasan Setelah 2 hari lebih saya menggunakan kipas Cooler Master BC 80 di komputer saya, rasanya sudah bisa saya buat artikel review-nya di artikel ini. Sebelum masuk ke review akan saya share terlebih dahulu mengenai harga dan spesifikasi kipas yang saya beli ini, Cooler Master BC 80 ini dulu saya beli dengan harga Rp. 42.900,- (harga diskon), ukurannya 80 mm, tipe bearingnya adalah sleeve bearing, tipe konektornya 3-pin (Power Fan), kecepatan kipasnya 1800 RPM (10%), noise levelnya 19 dBA dan kipas ini harapan hidupnya adalah 30 ribu jam atau 1.250 hari. Dari sisi desain tampilan kipas ini tidak jauh berbeda dengan kipas-kipas casing komputer pada umumnya, yang membedakan hanya body-nya saja yang dibuat transparan dan memiliki 4 buah lampu LED warna merah di setiap sisinya. Ketika dilihat dan dipegang kesan yang yang saya rasakan adalah kipas ini terasa lebih rapi dan lebih kokoh dibandingkan kipas bawaan casing PowerLogic Azzura M1000 saya. Walaupun penutup casing saya tidak memiliki jendela transparan, tapi saya masih bisa menikmati cahaya merahnya yang keluar melalui lubang-lubang kecil ventilasi fan yang terproyeksikan ke tembok di belakangnya ketika lampu kamar saya matikan, cukup indah dan enak dipandang mata.

Cahaya merah yang dihasilkan oleh lampu LED pada kipas Cooler Master BC 80

Pada paket penjualannya kipas Cooler Master BC 80 ini disertai dengan 1 buah adapter konektor 3-pin ke konektor kabel molex PSU, dan disertai dengan sebuah plastik kecil yang berisi 4 buah baut untuk memasangkan kipasnya ke casing.

Foto kelengkapan paket penjualan kipas Cooler Master BC 80

Untuk tingkat kebisingan atau noise level, saya tidak merasakan ada perbedaan antara kipas Cooler Master BC 80 ini dengan kipas yang sebelumnya. Untuk suhu, saya lupa mencatat berapa suhu CPU dan motherboard yang dihasilkan dengan kipas yang sebelumnya, jadi saya share saja suhu yang dihasilkan saat ini ketika komputernya menggunakan kipas baru dengan kondisi casing tertutup pada pagi hari di Kabupaten Bandung pukul 06:05 WIB dengan kondisi cuaca hujan rintik-rintik, berikut screenshot informasi suhunya:

Screenshot suhu komputer

Kesimpulan

Untuk harga 42 ribuan saya merasa cukup puas bisa mendapatkan sebuah kipas casing komputer yang branded, Cooler Master memang sebuah merek yang cukup terkenal dalam dunia pendingin komputer, semoga saja kipas ini bisa bertahan untuk waktu yang lama seperti yang dijanjikan pada kemasannya yaitu 30 ribu jam atau 1.250 hari, itu berarti kalau dalam setiap harinya saya menggunakan komputer selama 12 jam maka kipas ini akan bertahan selama 6,8 tahun! semoga saja bisa bertahan selama itu ya :)

Kipas Cooler Master BC 80


Tidak ada komentar:

Posting Komentar