Jumat, 04 Januari 2013

Perbedaan Konektor Power Fan & Chasis Fan Pada Motherboard ASRock H61M-HVS



Memasang kabel fan ke konektor Power Fan 3-pin di motherboard ASRock H61M-HVS Sebelum saya memasang fan Cooler Master BC 80 yang saya beli ke komputer saya, saya cek terlebih dahulu motherboard ASRock H61M-HVS saya apakah memiliki konektor fan 3-pin, dan ternyata ada, konektor fan 3-pin ini di motherboard saya ditulisi dengan tulisan PWR_FAN1, saya pun menemukan ternyata ada 1 konektor lagi yaitu konektor fan 4-pin dengan tulisan CHA_FAN1, karena fan yang saya beli menggunakan konektor 3-pin maka saya pun memasangkan fan-nya di konektor PWR_FAN1. Nah pagi tadi saya menjalankan program AXTU (ASRock Xtreme Tuning Utility) bawaan motherboard, dari program tersebut lah saya menemukan perbedaan antara Power Fan (3-pin, PWR_FAN1) dan Chassis Fan (4-pin, CHA_FAN1), yang Power Fan ternyata tidak bisa kita kontrol atau tentukan kecepatan rotasinya (RPM), sedangkan yang Chassis Fan bisa. Saya pun sempat melihat buku manual motherboard saya, dan dari buku tersebut saya menemukan informasi ternyata yang membedakan antara Power Fan 3-pin dan Chassis Fan 4-pin adalah pin keempatnya yang diberi nama Fan Speed Control seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini. Jadi jika anda ingin agar fan-nya bisa dikontrol melalui program tuning seperti AXTU, pastikan anda membeli fan yang konektornya menggunakan konektor 4-pin.

Informasi tentang konektor fan di buku manual motherboard ASRock H61M-HVS 

Screenshot program AXTU di Windows 7


Tidak ada komentar:

Posting Komentar