Jumat, 04 Januari 2013

Suara Kipas Komputer Berisik ? Cek Terlebih Dahulu Sebelum Membeli Kipas Baru



Kipas komputer yang menempel pada casing yang kemarin malam saya ganti Di artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang suara kipas komputer yang berisik, jadi ceritanya sudah cukup lama saya membeli kipas / fan baru untuk mengatasi suara kipas berisik di komputer saya, dan baru malam kemarin saya sempat memasangnya. Tapi setelah kipas-nya saya ganti dengan yang baru ternyata suara berisik yang selalu terdengar beberapa menit setelah komputer dinyalakan ternyata masih ada juga, jadi suara berisik itu ternyata bukan keluar dari kipas yang menempel pada casing, tapi sepertinya keluar dari kipas yang ada di dalam power supply. Jadi yang bisa diambil dari pengalaman saya ini adalah, sebelum anda memutuskan membeli kipas baru, anda cek terlebih dahulu apakah benar suara berisik itu berasal dari kipas yang anda maksud, anda bisa mengetesnya dengan cara melepaskan satu demi persatu kabel power kipas yang menempel pada casing (lakukan pada saat komputer dalam keadaan mati), jika suara berisik tetap muncul padahal kabel power semua kipas yang menempel pada casing sudah anda lepaskan, sekarang coba anda dekatkan telinga anda pada power supply (hati-hati jangan sampai telinga anda nempel), apakah suara berisik itu semakin terdengar keras ? jika iya itu berarti suara berisik datang dari kipas yang ada di dalam power supply, jika tidak sekarang coba anda dekatkan telinga anda pada kipas yang ada di processor (hati-hati jangan sampai nempel), apakah suara terdengar semakin keras ? jika iya itu berarti kipas processor-lah yang mengeluarkan suara berisik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar