Senin, 07 Januari 2013

Review Microsoft Express Mouse



Microsoft Express Mouse masih di dalam kemasan Kali ini peripheral komputer yang akan saya review adalah sebuah mouse yaitu Microsoft Express Mouse warna putih dengan variasi warna merah, mouse ini saya beli pada bulan Desember 2012 yang lalu di salah satu toko online lokal dengan harga diskon super murah yaitu hanya Rp. 9.900,- saja, harga aslinya kalau saya cek di situs resmi Microsoft per tanggal 7 Januari 2013 adalah $19.95. Microsoft Express Mouse ini sudah menggunakan teknologi BlueTrack, yang menurut keterangan yang saya baca di situs resmi Microsoft memungkinkan mouse bisa dinavigasikan hampir di semua permukaan, apakah benar ? nanti akan saya coba tes mouse-nya di beberapa permukaan. Dari sisi desain, Microsoft Express Mouse ini terlihat berbeda dari mouse-mouse kebanyakan, bentuknya lebih flat dan letak sumbu kabelnya tidak di tengah tapi di sisi sebelah kiri. Walaupun saya baru mencoba mouse ini dari kemarin sore, tapi rasanya saya sudah bisa menyimpulkan performanya.

Kelengkapan Microsoft Express Mouse

Untuk komputer desktop, sehari-hari biasanya saya menggunakan mouse Logitech MX518, dan ketika saya mengetes Microsoft Express Mouse ini saya sudah mulai merasakan beberapa hal yang membuat tidak nyaman sebagai berikut:

  1. Bentuknya terlalu kecil dan flat, biasanya jika menggunakan mouse Logitech MX 518 sebagian telapak tangan saya bisa dengan enak saya tumpangkan di punggung mouse-nya, nah menggunakan Microsoft Express Mouse ini saya tidak bisa melakukan hal tersebut.
  2. Tombol-tombolnya (kiri, kanan dan tombol scroll) terasa agak keras ketika ditekan, kalau yang ini mungkin karena masih baru ya.
  3. Bagian body atasnya kalau digerakan menggunakan jari bisa goyang, ini membuat mouse jadi terasa reyot ketika saya gunakan.
  4. Panjang kabelnya terlalu pendek (kurang lebih 94 cm) dan terasa agak kaku.
  5. Posisi sumbu kabel yang ada di sisi kiri saya rasa akan mengurangi kenyamanan jika anda seorang kidal atau posisi casing komputer anda ada di sebelah kanan monitor.

Bagian atas Microsoft Express Mouse

Beberapa permukaan selain mousepad yang sempat saya tes ketika menggunakan Microsoft Express Mouse ini adalah permukaan meja kayu yang dilapisi cat kayu warna hitam, permukaan gelas, permukaan brosur yang licin, permukaan kaca spion motor, permukaan kaos yang menempel di atas kulit perut saya :D dan kulit lengan tangan. Hasilnya mouse-nya bisa dinavigasikan dengan lancar hampir di semua permukaan yang saya sebutkan di atas, kecuali di permukaan kaos, kulit lengan tangan dan kaca spion. Kalau mouse-nya ditempelkan di permukaan kaos yang menempel di perut dan kulit lengan tangan saya mouse-nya agak susah dinavigasikan, tapi kalau mouse-nya agak sedikit diangkat cursor mouse bisa digerakkan, nah kalau di kaca spion motor mouse benar-benar tidak bisa dinavigasikan walaupun sedikit diangkat.

Bagian bawah Microsoft Express Mouse

Kesimpulan

Saya rasa jika saya membeli Microsoft Express Mouse ini dengan harga normal saya akan kecewa mengingat kekurangan-kekurangan yang telah saya sebutkan di atas, tetapi karena saya membelinya dengan harga super murah jadinya ya rasanya biasa saja. Microsoft Express Mouse ini akan saya simpan saja sebagai backup untuk digunakan jika suatu waktu mouse Logitech MX518 saya rusak dan saya belum menemukan penggantinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar