Selasa, 01 Januari 2013

Review Takara M-1031



Tripod mini Takara M-1031, masih di dalam kemasan Hari Senin kemarin saya menerima paket yang berisi 2 item barang pesanan saya dari salah satu toko online lokal, 2 item tersebut adalah sebuah tripod mini atau tripod untuk meja yaitu Takara M-1031, dan yang satu lagi adalah sebuah GPS untuk mobil yaitu WayWay Q4331i, nah di artikel ini akan saya coba tulis review saya mengenai tripod mini Takara M-1031. Tripod Takara ini saya beli dengan harga Rp. 38.371,- (harga diskon), ukuran panjang tripod Takara ini dengan kondisi kaki-kaki dilipat dan dimasukkan semua kurang lebih 16 cm, kaki-kakinya memiliki 2 kali bukaan, kalau dikeluarkan semua maka panjang total tripod ini menjadi kurang lebih 30 cm. Berat tripod-nya entah berapa saya tidak memiliki timbangan untuk menimbangnya tapi kalau dari informasi yang ada di kemasannya sih beratnya adalah 109 gram. Saya pun sempat mengukur tinggi maksimal tripod ini kalau kaki-kainya dipanjangkan semua lalu diletakkan di atas meja, setelah saya ukur tingginya kurang lebih 24 cm.

Desain & Performa

Dari sisi desain tripod ini sih simple ya, tidak ada yang spesial tapi saya suka, waktu saya beli saya pikir ketika kamera dipasang di tripod ini kameranya hanya bisa menghadap ke depan saja tidak bisa dimiringkan atau ditundukkan, ternyata bisa saudara-saudara :D soalnya dudukan kamera bagian bawahnya itu seperti bola jadi bisa diputar-putar ke segala arah, dan di bagian sampingnya ada semacam tuas pengunci yang fungsinya untuk melonggarkan atau mengetatkan gerakan bola tersebut. Saya sudah coba tes menggunakan kamera saku, dan kamera bisa dicondongkan ke atas, ke kiri dan ke kanan kurang lebih 35 derajat, lalu bisa juga ditundukkan hingga kameranya menghadap ke bawah (90 derajat), cukup fleksibel.

Kamera saku dipasang di tripod mini Takara M-1031

Tripod mini Takara M-1031 dengan kaki yang dipanjangkan semua

Saya juga sudah tes tripod Takara M-1031 ini menggunakan kamera Canon SX40 HS saya, yaitu kamera DSLR-like (bentuknya mirip kamera DSLR tapi agak kecil dan lensanya tidak bisa diganti), dan tripod-nya mampu menahan beban kamera tersebut, tapi kalau kaki-kakinya dimasukkan semua lalu kameranya ditundukkan ke bawah sekitar 40-45 derajat maka tripod akan terjungkal, tapi kalau kaki-kakinya dibuka 1 bukaan tripod masih bisa menahannya hingga ditundukkan 90 derajat ke bawah, walaupun masih riskan terjungkal juga kalau disentuh.

Kamera saku dengan posisi sedikit menunduk di tripod mini Takara M-1031

Kesimpulan

Untuk harga 38 ribuan saya puas dengan tripod mini Takara M-1031 ini, saya membeli tripod mini ini niatnya memang akan dipakai di atas meja untuk membuat video unboxing barang-barang yang saya beli, dan setelah saya tes menggunakan kamera Canon SX40 HS yang biasa saya gunakan untuk membuat video-video unboxing, ternyata tripod-nya mampu menahan bebannya dengan kondisi kaki-kaki dimasukkan semua dan kameranya sedikit dimiringkan. Satu-satunya kekurangan yang saya rasakan mengganggu dari tripod Takara M-1031 ini adalah cukup susah mengatur kamera SX40 HS saya supaya tidak menoleh sendiri ke kiri atau kanan kalau kameranya saya posisikan condong ke atas.


2 komentar:

  1. klo untuk hp bisa tidak ? atau ada penyangga khusus? namanya apa ya?

    BalasHapus
  2. Kalau buat hp samsung yg 5inch bisa ga ya? (・_・;

    BalasHapus