Selasa, 15 Januari 2013

Review WayWay Q4331i



GPS WayWay Q4331i masih di dalam kemasan Kali ini saya akan me-review sebuah perangkat GPS untuk mobil yaitu WayWay Q4331i. Sebenarnya dulu waktu saya order di salah satu toko online lokal, barang yang saya pesan adalah WayWay Q4331, namun ketika datang dan saya buka paketnya ternyata yang dikirim adalah WayWay Q4331i yang memiliki spesifikasi lebih tinggi, tentu saja saya senang karena mendapatkan barang yang spesifikasinya lebih tinggi, namun ketika saya cek kondisi barangnya saya lihat 2 buah stiker segelnya kondisinya sudah robek di bagian celah untuk membuka casing GPS-nya, saya mencoba berbaik sangka saja waktu itu, ah mungkin GPS-nya memang sempat dibuka untuk di-update beberapa komponen di dalamnya soalnya di atas dusnya ada stiker dengan tulisan New and Enhanced seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas, kondisi barang pun terlihat masih mulus dan segel layarnya pun masih rapi menempel, cuman stiker segel di bagian belakangnya saja yang 2 diantaranya terlihat sudah rusak. GPS WayWay Q4331i ini saya beli dengan harga Rp. 255.528,- (harga diskon).

Kelengkapan GPS WayWay Q4331i

Karena saya tidak punya mobil, niat saya membeli GPS WayWay Q4331i ini adalah untuk dipasang di motor Suzuki Satria FU saya, setelah saya cari-cari spot untuk menempelkan GPS ini ternyata satu-satunya spot yang bisa saya tempeli adalah kaca speedometer, GPS-nya bisa menempel dengan cukup kuat disitu walaupun ketika mengendarai motor rasa was-was takut GPS-nya jatuh itu selalu ada dan saya tidak berani membawa motor terlalu ngebut. Dan ternyata setelah saya tes, GPS-nya menjadi tidak berguna, mengapa ? karena layarnya kalau di luar ruangan pada siang hari sama sekali tidak bisa dilihat walaupun brightness-nya sudah saya set secara maksimal, kalau malam hari sih harusnya bisa ya tapi saya belum pernah mengetesnya juga tuh. Jadi saya tidak bisa mengetes bagaimana performa GPS WayWay Q4331i ini dalam menunjukkan arah suatu lokasi, saran saya jika anda berniat membeli GPS untuk dipasang di motor, cek terlebih dahulu deh apakah layarnya bisa dilihat di luar ruangan atau tidak.

GPS WayWay Q4331i tampak atas

GPS WayWay Q4331i tampak belakang

Hal lainnya yang membuat saya kecewa dari GPS WayWay Q4331i ini adalah kemampuan mengunci satelit-nya yang sangat lama bahkan terkadang sampe menguras baterai hingga habis (dari kondisi penuh). Baterai-nya pun saya rasakan sangat boros, tidak cocok lah kalau dipasang di motor dimana anda tidak memiliki sumber listrik untuk mengecas GPS-nya, bisa-bisa anda belum sampai tujuan tapi GPS-nya sudah mati karena kehabisan baterai.

GPS WayWay Q4331i ini selain bisa dicas melalui colokan power di mobil, bisa juga dicas menggunakan kabel data USB, saya pun sempat mengetes mencas GPS-nya menggunakan adaptor power TP-LINK MR3020 yang memang ujungnya berupa colokan mini USB, dan ternyata bisa.

Port yang tersedia di GPS WayWay Q4331i

Selain berfungsi sebagai GPS, WayWay Q4331i ini juga memiliki beberapa aplikasi seperti pemutar lagu dan video, juga ada aplikasi untuk melihat foto dan membaca e-book. Setelah saya tes keempat aplikasi tersebut, untuk suara OK lah ya, cukup nyaring suaranya, jadi untuk pemutar lagu sih lumayan, tapi kalau untuk pemutar video ketika saya tes untuk melihat trailer film The Avenger yang disertakan di GPS-nya, video-nya terlihat patah-patah dan gambar pun terlihat tidak tajam, begitu pun ketika digunakan untuk melihat foto, tidak tajam gambar-nya, masih terlihat pixel-pixel kecil kecuali ya kalau dilihat dari jauh. Untuk aplikasi e-book ketika saya tes kok sepertinya aplikasinya tidak bisa mengenali file PDF ya, sudah saya copy-kan file PDF-nya tapi ketika saya buka kok tidak ada, sepertinya hanya file TXT saja yang bisa dibaca.

Kesimpulan

Walaupun GPS WayWay Q4331i ini saya beli dengan harga sangat murah, tetapi kok rasanya saya agak kecewa juga ya, terutama karena kemampuan mengunci satelitnya yang sangat lama dan baterainya terbilang sangat boros, ditambah lagi karena layarnya yang tidak terlihat di luar ruangan sehingga GPS-nya jadi tidak bisa digunakan di motor saya, kalau yang satu ini sih karena kesalahan saya sendiri, GPS-nya memang dirancang untuk digunakan di dalam kabin mobil, harusnya saya lebih teliti lagi sebelum membeli, tapi tidak apa lah, GPS-nya sudah punya, tinggal mobilnya nih :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar