Jumat, 12 April 2013

Tips Memilih Mouse Komputer



Mouse, ini adalah salah satu perangkat yang wajib anda miliki jika komputer anda menggunakan sistem operasi yang interface-nya menggunakan GUI (Graphical User Interface). Tanpa mouse tentunya kegiatan bernavigasi di sistem operasi komputer akan terasa merepotkan, nah.. di artikel ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips dalam memilih mouse komputer, semoga bermanfaat, berikut tipsnya:

Memilih Ukuran Mouse

Jika mouse-nya akan anda gunakan pada komputer desktop (komputer meja, bukan laptop), saran saya belilah mouse yang ukurannya besar karena mouse yang ukurannya besar berdasarkan pengalaman saya sangat nyaman untuk digunakan. Ukuran mouse yang besar membuat telapak tangan saya bisa dengan enak menggenggam punggung mouse-nya, berikut ini foto perbandingan mouse dan telapak tangan saya, belilah mouse yang ukurannya kurang lebih sebesar itu.


Tapi jika mouse-nya akan anda gunakan pada laptop anda, maka belilah mouse yang ukurannya kecil tapi masih cukup nyaman untuk anda gunakan, ukuran mouse seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini terasa agak sedikit kecil untuk saya, belilah mouse yang ukurannya agak lebih besar dari itu.


Pilih Mouse Wireless Atau Kabel ?

Mouse wireless harganya memang lebih mahal, tapi jika budget-nya cukup saya sarankan belilah mouse yang wireless, karena lebih praktis dan anda tidak akan dipusingkan dengan kabel mouse yang berseliweran di atas meja, apalagi kalau mouse-nya akan anda bawa kemana-mana. Tapi khusus untuk mouse wireless, sebelum membeli ada baiknya anda sempatkan untuk browsing-browsing terlebih dahulu apakah mouse incaran anda itu sinyalnya responsif atau tidak, jangan sampai cursor mouse-nya nge-lag karena kalau nge-lag tentunya akan terasa tidak nyaman untuk digunakan.

Memilih Desain Mouse Yang Nyaman Digunakan

Mouse yang enak dipakai itu menurut saya adalah mouse yang ukurannya besar seperti yang telah saya bahas di atas, selain ukurannya desain mouse juga bisa menambah kenyamanan, pilihlah mouse yang ada cekungannya pada area tempat ibu jari kita berada, sedikit cekungan pada area jari kelingking pun saya rasakan menambah kenyamanan.


Jika memungkinkan, sebelum membeli cobalah anda genggam dulu mouse-nya, rasakan berat mouse-nya dan materialnya, nyaman atau tidak, juga rasakan apakah telapak tangan anda bisa dengan enak menempel di punggung mouse-nya dan apakah tombol-tombolnya bisa dengan mudah anda jangkau. Tes juga apakah tombol klik kanan dan kirinya terasa keras atau tidak, kemudian tes juga tombol scroll-nya berisik atau tidak, jika tombol scroll-nya bisa diklik, tes juga apakah terasa keras atau tidak.

Pilih Mouse Dengan Banyak Tombol ?

Mouse dengan banyak tombol yang bisa diprogram bisa mempermudah anda melakukan pekerjaan, cari tahu apakah anda bisa memanfaatkan tombol-tombol ekstra tersebut sebagai shortcut pada program aplikasi yang sering anda gunakan. Jika anda merasa tidak akan mendapatkan manfaat dari tombol-tombol ekstra tersebut sebaiknya pilih saja mouse dengan tombol standar, untuk apa buang-buang uang bukan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar