Sabtu, 13 April 2013

Melepas Baterai Laptop Supaya Tidak Cepat Rusak, Benarkah ?



Di artikel sebelumnya saya menulis bahwa salah satu kebiasaan saya sebelum menyalakan netbook untuk men-download file lalu saya tinggal tidur adalah melepas beterai netbook-nya, maksud saya melakukan hal tersebut adalah agar baterai-nya tidak cepat rusak. Nah tadi saya sempatkan browsing-browsing mengenai hal tersebut dan membaca artikel ini, menurut artikel tersebut ternyata ada pengaruhnya melepaskan baterai pada laptop jika laptop-nya terus menerus kita charge. Jadi katanya beberapa hal yang memperpendek umur baterai Lihtium-Ion (Li-Ion) yang umum terdapat di laptop itu adalah membiarkan baterai secara terus menerus dalam keadaan penuh dan panas.

Kalau laptop-nya kita charge terus menerus kan artinya sama saja dengan membiarkan baterai-nya selalu dalam keadaan penuh, selain itu panas yang dihasilkan laptop juga bisa merambat ke baterai, jadi sebaiknya jika anda menggunakan laptop seharian di atas meja alias tidak anda bawa berpergian kemana-mana lebih baik anda matikan laptop-nya, lepaskan baterai-nya, charge lalu nyalakan, dengan demikian umur baterai anda pun bisa lebih awet.

O ya satu hal lagi informasi dari artikel tadi yang tidak kalah penting, jika anda berencana menyimpan baterai anda, sebelum baterai-nya anda lepas, charge dulu hingga kapasitasnya sekitar 40-50%, setelah itu matikan laptop-nya, lepaskan baterainya lalu simpan, nah setiap minggunya anda harus men-charge lagi baterai tersebut hingga 40-50% karena baterai itu walaupun disimpan dia akan melepaskan energi, jadi jangan sampai kapasitasnya kurang dari 20%, begitu katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar