Sabtu, 13 April 2013

Memanfaatkan Kapasitas Harddisk Besar Yang Tidak Terpakai Pada Netbook



Saya memiliki sebuah netbook yang memiliki kapasitas harddisk lumayan besar, netbook yang saya miliki adalah ASUS 1015PEM, kapasitas harddisknya 250GB. Buat saya sih ukuran harddisk segitu sangat besar kalau untuk ukuran netbook, niat saya membeli netbook memang untuk digunakan pada saat saya berada di luar rumah / dalam perjalanan, jadi bukan untuk digunakan sebagai media penyimpanan file. Nah awalnya saya merasa harddisk-nya jadi mubazir karena tidak terisi penuh, namun akhirnya saya menemukan juga manfaatnya yaitu untuk saya gunakan sebagai media mempelajari berbagai macam distro sistem operasi Linux. Hingga saat saya menulis artikel ini sudah 3 sistem operasi Linux yang saya install di netbook saya yaitu Ubuntu 12.04 LTS, openSUSE 12.3 dan Fedora 18, jadi total sistem operasinya di netbook saya ini ada 4 (termasuk Windows 7 Ultimate), dan satu lagi menunggu untuk saya install yaitu Arch Linux 2013.04.01.

Jadi jika anda merasa harddsik netbook anda mubazir, anda bisa memanfaatkannya untuk belajar berbagai macam distro Linux. Saya pribadi sengaja memilih distro Linux yang boleh dibilang "besar", dan saya sengaja memilih desktop environment yang berbeda-beda untuk setiap distro-nya, dengan tujuan agar saya juga bisa familiar dengan berbagai macam desktop environment. Untuk Ubuntu saya pilih desktop environment default-nya saja yaitu Unity, untuk openSUSE saya pilih KDE, untuk Fedora saya pilih GNOME, dan untuk Arch Linux rencananya saya akan meng-install LXDE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar