Sabtu, 13 April 2013

Tips Memilih Tablet



Saya baru satu kali membeli tablet, yang saya beli adalah tablet Android ICS murah meriah dengan ukuran layar 7 inch, nah berdasarkan pengalaman saya menggunakan tablet tersebut ada beberapa tips tentang memilih tablet yang ingin saya bagi dengan anda, berikut tips memilih tablet:

Spesifikasi CPU, RAM & GPU

Banyak hal yang harus anda cermati ketika melihat-lihat spesifikasi suatu tablet, spesifikasi yang berhubungan dengan performa tablet (cepat atau tidak) adalah CPU (processor), RAM dan GPU (berhubungan dengan grafis seperti games). Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda, jika anda merasa tidak akan memainkan game-game 3D yang berat maka anda tidak perlu membuang-buang uang dengan membeli tablet yang memiliki spesifikasi GPU yang tinggi. Cara paling mudah memperoleh gambaran performa suatu tablet adalah dengan melihat video review-nya di situs video sharing seperti YouTube, atau anda juga bisa membaca-baca thread tablet yang ingin anda beli di situs-situs forum diskusi seperti Kaskus.

Spesifikasi Sensor

Cermati juga spesifikasi sensor apa saja yang didukungnya, tablet itu memiliki berbagai macam sensor seperti Accelerometer (untuk mengukur akselerasi), Gyroscope (mengukur rotasi), Magnetometer (mengukur kekuatan medan magnet bumi, contoh aplikasinya seperti kompas), Proximity (mengukur jarak suatu objek), GPS (mengetahui posisi) dan ALS (mengukur cahaya), silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda karena tidak semua tablet memiliki sensor-sensor tersebut.

Spesifikasi Kamera

Tablet itu ada yang memiliki kamera depan saja, ada juga yang memiliki kamera depan dan belakang, kamera depan (yang menghadap ke anda) fungsinya adalah untuk mengambil foto dan video wajah si pemakai, salah satu manfaatnya adalah bisa anda gunakan untuk melakukan video calling via aplikasi seperti Skype dan lain sebagainya. Sedangkan kamera belakang fungsinya adalah untuk mengambil foto objek di depan anda, jika anda merasa tidak akan menggunakan tablet anda untuk mengambil foto objek di depan anda, maka sebaiknya anda pilih tablet yang tidak memiliki kamera belakang karena tablet seperti itu harganya lebih murah.

Cara paling gampang mengetahui kualitas kamera suatu tablet adalah dengan melihat contoh foto yang dihasilkan oleh kamera tablet tersebut, silahkan cari artikel-artikel review-nya di search engine.

Spesifikasi Jaringan Data

Tablet itu ada yang mendukung jaringan data 3G / EVDO + Wi-FI atau hanya Wi-Fi saja, silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tablet yang hanya mendukung jaringan data Wi-Fi saja harganya lebih murah, tapi konsekeunsinya anda hanya bisa konek ke internet di tempat-tempat yang ada hotspot Wi-Fi nya saja.

Spesifikasi Layar

Selain ukuran layar, hal yang harus anda cermati dari spesifikasi layar sebuah tablet adalah tingkat kerapatan pixel-nya yang diukur dengan satuan ukur PPI (Pixel Per Inch), semakin tinggi nilai PPI-nya maka semakin tajam tingkat kerapatan gambarnya. Perhatikan juga spesifikasi sudut pandang layarnya, layar jenis IPS memiliki sudut pandang yang lebih baik, menurut pengalaman saya, layar dengan sudut pandang yang buruk cukup mengganggu ketika tabletnya kita gunakan untuk menonton film.

Spesifikasi Internal Storage

Hal yang cukup mengganggu dari tablet yang saya miliki adalah kapasitas internal storage-nya yang kecil, dulu ketika saya masih sering menggunakan tablet saya, saya sering kali harus menghapus aplikasi yang telah ter-install untuk meng-install aplikasi baru karena internal storage-nya telah penuh.

Spesifikasi Baterai

Daya tahan baterai adalah salah satu hal penting yang harus anda cermati, karena walaupun anda jarang bepergian tetapi berdasarkan pengalaman saya menggunakan tablet dengan kondisi kabel charger tersambung itu tidak nyaman, semakin besar kapasitas baterai semakin bagus, dan semakin besar ukuran layar sebuah tablet maka semakin boros juga konsumsi dayanya.

Tombol Sentuh Pada Tablet

Salah satu hal yang cukup mengganggu selama saya menggunakan tablet yang saya miliki ini adalah adanya 3 buah tombol sentuh, tombol ini seringkali tersentuh tanpa disengaja terutama jika saya menggunakan tabletnya dalam posisi landscape.

Berat & Desain Tablet

Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan tablet adalah berat tablet, terutama untuk tablet yang ukuran layarnya 7 inch ke bawah yang bisa kita genggam dengan satu tangan, jika bobot tabletnya berat maka tangan akan terasa cepat pegal ketika mengangkatnya, jadi pilihlah tablet yang bobotnya cukup ringan.

Khusus untuk tablet yang ukurannya 7 inch, pilihlah tablet yang ketika anda posisikan tabletnya dalam posisi potrait (memanjang ke atas/bawah) jarak antara tepi layar dan tepi body tablet sisi kiri dan kanannya tipis, tapi ketika anda posisikan tabletnya secara landscape (memanjang ke kanan/kiri) jarak antara tepi layar dan body tablet sebelah kiri dan kanannya tebal. Hal ini akan membuat tablet bisa dengan nyaman digenggam dengan satu tangan dalam posisi potrait dan akan terasa nyaman ketika digenggam dengan 2 tangan dalam posisi landscape karena ada jarak untuk pegangannya.

Material Body Belakang Tablet

Tablet yang saya miliki ini body belakangnya tidak ada teksturnya sehingga terasa licin ketika saya pegang, oleh karena itu pilihlah tablet yang body bagian belakangnya ada teksturnya sehingga tidak terasa licin ketika dipegang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar