Sabtu, 13 April 2013

Tips Memilih Keyboard Komputer



Setelah sebelumnya membahas tentang tips memilih mouse, di artikel kali ini saya akan menulis beberapa tips tentang memilih keyboard komputer. Ya.. keyboard adalah salah satu perangkat yang wajib ada pada sebuah komputer, terutama jika komputer yang anda gunakan menggunakan sistem operasi jenis CLI (Command-Line Interface). Berikut beberapa tips dari saya tentang memilih keyboard komputer:


Desain Layout Tombol Keyboard & Jarak Antar Tombol

Pilihlah keyboard yang desain layout tombol-tombolnya kurang lebih sama dengan keyboard yang sebelumnya anda gunakan, termasuk jarak antar tombolnya, karena kalau desain layout tombolnya berbeda maka diawal-awal saya rasa anda akan kesulitan dalam mengaksesnya, begitu pun jika jarak antar tombolnya berbeda dengan keyboard yang anda gunakan sebelumnya, berdasarkan pengalaman saya jika jarak antar tombolnya berbeda maka diawal-awal saya sering mengalami salah ketik. Saran saya sih pilihlah keyboard dengan desain layout dan jarak tombol yang standar, hal ini akan mempermudah anda jika sering bekerja berpindah-pindah komputer.

Ukuran Keyboard Komputer

Keyboard komputer itu ukurannya macam-macam, ada yang ukurannya besar (standar) ada juga yang kecil, nah yang ukurannya kecil itu biasanya dia menghilangkan area di sebelah kanan tempat tombol panah dan tombol Num Lock berada. Jika anda jarang menggunakan tombol panah dan tombol Num Lock tersebut, memilih keyboard ukuran kecil ini akan memberikan keuntungan tersendiri karena akan menghemat area di meja kerja anda. Jka anda memilih keyboard ukuran kecil ada satu hal yang harus anda cermati yaitu jarak antar tombolnya, apakah standar atau tidak, jika lebih rapat (dibandingkan yang standar) maka diawal-awal berdasarkan pengalaman saya sering terjadi salah ketik.

Pilih Keyboard Wireless Atau Kabel

Sama seperti pada mouse, memilih keyboard wireless akan memberikan keuntungan tersendiri yaitu anda tidak akan direpotkan dengan kabel yang berseliweran di atas meja. Saat ini saya masih menggunakan mouse dan keyboard kabel untuk komputer desktop saya, nah suatu saat jika saya harus meng-upgrade 2 komponen tersebut sepertinya saya akan memilih yang wireless, karena saya rasakan kabel-kabel yang berseliweran di atas meja itu cukup mengganggu, apalagi jika sudah berbaur dengan kabel-kabel charger ponsel dan gadget lainnya.

Tingkat Keempukan & Keberisikan Tombol Keyboard

Ada baiknya sebelum membeli anda tes dulu tombol-tombolnya apakah empuk atau tidak, cermati juga tingkat keberisikan suara yang dihasilkan. Jika suara yang dihasilkan berisik maka yang terganggu mungkin bukan anda tapi teman disamping anda.

Desain Tulisan Huruf & Angka Keyboard

Salah satu hal yang mengganggu pada sebuah keyboard yang telah lama digunakan selain dari tombol yang sudah tidak berfungsi adalah telah terhapusnya tulisan huruf atau angka pada sebuah atau beberapa tombol, nah ada baiknya sebelum membeli anda cermati apakah tulisan huruf dan angka di atas tombol keyboardnya itu dilapisi oleh lapisan pelindung atau tidak, pada keyboard saya sih ada semacam lapisan pelindungnya, pilihlah keyboard yang seperti itu.

Desain tulisan keyboard sih umumnya sama ya, tapi ada yang tulisannya itu agak tebal dan ada juga yang agak tipis, silahkan pilih saja yang sesuai dengan selera anda, tapi jika tulisannya tipis dan dia tidak dilindungi oleh lapisan pelindung maka secara logika tentunya tulisan keyboard seperti itu akan cepat terhapus dibandingkan yang tebal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar