Minggu, 23 Juni 2013

Cara Melepas Kabel Keyboard Laptop Dari Konektornya Yang Menempel Di Motherboard



Kemarin malam saya membongkar laptop Compaq CQ20-213TU saya, nah pada saat membongkar laptop saya tersebut salah satu tahapan yang sempat memakan waktu cukup lama bagi saya untuk berpikir adalah bagaimana caranya melepas kabel keyboard laptop yang menempel pada konektornya di atas motherboard, setelah browsing-browsing dan meluangkan waktu untuk mengamati konektornya, akhirnya saya menemukan juga bagaimana cara melepasnya. Saya menggunakan obeng minus kecil untuk melepasnya, jadi si konektornya itu memiliki bagian yang menghimpit kabel keyboardnya (kabel keyboardnya tidak memiliki kepala konektor, jadi flat saja), pada laptop saya bagian konektor yang menghimpit kabel keyboardnya adalah bagian yang berwarna hitam, nah untuk melepas kabel keyboardnya saya harus mengangkat bagian warna hitam tersebut ke atas agar kabel keyboardnya bisa dilepas. Cara saya melepasnya adalah saya tempelkan ujung obeng minus kecil saya pada bagian bawah kait penguncinya seperti yang saya tunjukkan dengan tanda panah pada gambar berikut:


Saya tempelkan obeng minus saya dengan ekstra hati-hati agar saya tidak mengenai kabel keyboardnya, lalu saya angkat ke atas kait penguncinya, nah setelah kait pengunci konektornya terangkat barulah kabel keyboardnya bisa saya angkat dan tarik, berikut ini foto penampilan kait pengunci konektor keyboardnya setelah terangkat (bagian yang berwarna hitam):


Dalam melepas kabel keyboard setelah kait penguncinya terangkat jangan main asal tarik saja, anda angkat sedikit agar kedua "kuping kecil" yang ada di sisi kanan dan kiri kabel keyboardnya terlepas dari celah yang ada pada konektor, lalu setelah terlepas barulah anda tarik, begitu pun pada proses pemasangannya kembali, anda paskan posisi kedua "kuping kecil" kabel keyboardnya pada celah yang terdapat pada konektornya, baru setelah itu anda dorong lagi ke bawah kait penguncinya. Berikut ini saya perlihatkan foto penampilan kabel keyboard laptop yang memiliki 2 "kuping kecil" di sisi kanan dan kirinya:


2 komentar:

  1. gan cara melepas keyboarnya ko gak sekalian?
    mohon tutorialnya juga ya. trimakasih

    BalasHapus
  2. Terima kasih ya atas informasi yang anda sajika di blog ini, semoga bermanfaat sukses selalu ^^

    BalasHapus