Kamis, 20 Juni 2013

Cara Melepas & Memasang RAM Di Laptop



Minggu lalu saya meng-upgrade RAM netbook Acer keponakan saya, dan hari Rabu kemarin saya membuka laptop saya untuk mengetahui jenis RAM yang ter-install dan berapa banyak slot RAM yang terdapat di laptop saya tersebut. Oleh karena itu berdasarkan pengalaman saya tersebut di artikel ini saya ingin sharing tentang bagaimana sih cara melepas dan memasang RAM di laptop ? Karena laptop itu bentuknya tipis maka RAM pada laptop itu dipasang dengan posisi horizontal, tidak seperti pada komputer desktop yang dipasang secara vertikal, oleh karena itu sistem pelepasan dan pemasangan RAM-nya agak sedikit berbeda. Gambar di bawah ini adalah gambar laptop Compaq Presario CQ20-213TU yang telah saya lepas penutup RAM dan harddisk-nya, untuk melepas RAM-nya caranya anda tarik kait pengunci seperti yang ditunjukkan oleh panah nomor 1 dan 2 dengan arah tarikan sesuai dengan arah panahnya, setelah anda tarik kait penguncinya nanti RAM-nya akan terlepas sendiri, selanjutnya tinggal anda cabut saja RAM-nya.


Setelah tahu bagaimana cara melepasnya, sekarang bagaimana cara memasangnya ? caranya pertama anda masukkan RAM-nya pada slot-nya, perhatikan bagian yang ditunjukkan oleh panah no 3 pada gambar di bawah ini, pastikan celah yang terdapat pada RAM anda posisinya sesuai dengan tonjolan yang terdapat di slot RAM-nya, jangan sampai terbalik! Setelah RAM-nya masuk ke slot-nya, sekarang anda tekan ke bawah bagian RAM seperti yang ditunjukkan oleh panah nomor 4 dan nomor 5, anda tekan bagian tersebut sampai anda mendengar dan merasakan kait pengunci RAM-nya mengunci RAM tersebut.


6 komentar: